LAPORAN
PERTANGGUNGJAWABAN
SEMINAR & WORKSHOP
TEMA
“ANDROID GAME DEVELOPMENT”
DISUSUN
OLEH :
ARIF
PRASTIA BUDI
2114R0938
STMIK HIMSYA SEMARANG
PRODI
TEKNIK INFORMATIKA DAN SISTEM INFORMASI
TAHUN
2018
BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Pada era globalisasi yang sangat canggih teknologi
sangat berperan penting dalam segala hal dan aspek kehidupan manusia, dengan
teknologi yang super canggih ini membuat hilangnya batasan ruang dan waktu.
Dewasa ini teknologi informasi sudah bisa dirasakan oleh masyarakat luas dengan
akses yang sangat mudah dan tanpa biaya yang mahal.
Bidang ilmu teknologi
dan informasi kini telah bertransformasi menjadi alat bantu manusia, dengan sistem
yang mudah dipahami dan digunakan oleh penggunanya seperti Sistem Operasi
Windows, IOS, ataupun Sistem Operasi yang baru ini sangat di gemari oleh
seluruh lapisan masyarakat dunia yaitu sistem operasi Android yang sangat berperan penting dalam
kehidupan sehari-hari. Namun teknologi sistem operasi ini belum dimanfaatkan
secara maksimal oleh masyarakat luas terutama pelajar dan mahasiswa.
Oleh karena itu, salah satu upaya untuk memanfaatkan
perkembangan teknologi ini secara maksimal adalah dengan diselenggarakannya
seminar teknologi dan informasi yang tentunya sangat dibutuhkan oleh pelajar
maupun mahasiswa. Selain itu dengan adanya seminar dengan tema “ANDROID GAME
DEVELOPMENT” diharapkan pelajar dan mahasiswa dapat membekali diri dan keterampilan
dengan teknologi mutakhir terkini.
B. Maksud dan Tujuan
Kegiatan
Maksud
Laporan kegiatan ini dimaksudkan sebagai
bahan pertanggungjawaban atas kegiatan panitia seminar dan workshop tentang “Android Game Development”.
Tujuan Kegiatan
Tujuan diselenggarakannya seminar dan
workshop dengan tema “ANDROID GAME DEVELOPMENT” adalah sebagai berikut:
- Melaporkan hasil serangkaian kegiatan dan agenda yang telah dibuat dan dikerjakan oleh panitia seminar.
2.
Meningkatkan Sumber Daya
Manusia yang handal di bidang Ilmu dan Teknologi.
- Mahasiswa dan Pelajar dapat mengoptimalkan fungsi teknologi Android di semua kalangan.
- Mahasiswa dan Pelajar dapat menciptakan lapangan kerja sendiri di bidang Teknologi.
- Mahasiswa dan pelajar mampu menghasilkan karya-karya dalam bidang teknologi terutama dalam sistem operasi android.
C. Nama dan Tema Kegiatan
Kegiatan ini bernama seminar dan
workshop dengan tema “ANDROID GAME
DEVELOPMENT”.
D. Sasaran Kegiatan dan
Target Kegiatan
Sasaran Kegiatan
Sasaran kegiatan seminar dan workshop
adalah siswa SMP/MTs, SMK/MA/SMK,
mahasiswa dan masyarakat umum.
Target Kegiatan
Target kegiatan seminar
dan workshop “ANDROID GAME DEVELOPMENT” adalah siswa SMP/MTs, SMK/MA/SMK,
mahasiswa dan masyarakat umum yang dibatasi jumlahnya 200 peserta dan ditambah
panitia penyelenggara seminar dan workshop.
E. Susunan Acara
Terlampir I
F. Susunan Panitia
Terlampir II
G. Anggaran Dana
Total dana yang dibutuhkan sebesar Rp. 5.701.200 dan
selanjutnya akan dijabarkan dalam lampiran III
BAB II
PELAKSANAAN KEGIATAN
A. Waktu dan Tempat Pelaksanaan
Hari/Tanggal : Minggu, 23 Desember 2018
Waktu : 09.00 WIB – 12.30 WIB
Tempat : Aula SMK NU Ungaran
B.
Peserta
Peserta kegiatan seminar dan workshop Teknologi informasi adalah
Umum, Siswa SMK NU Ungaran, dan Mahasiswa STMIK Himsya serta Panitia seminar
dengan jumlah sebanyak 81 orang.
C.
Jenis Kegiatan
Rincian
kegiatan seminar dalam pelaksanaan seminar sehari adalah :
1.
Acara Pembuka
Acara pembukaan terdiri dari
persiapan, registrasi peserta, copy file seminar, pengkondisian peserta,
pembukaan dan do’a.
2.
Acara Inti
Penyampaian materi seminar dan workshop :
Narasumber
Pembicara : Nur Annisa, S.Kom
Tema : “Android Game Development”
D.
Daftar Hadir Peserta Dan
Panitia
Terlampir IV
E.
Foto
Nota Pengeluaran
Terlampir
V
F.
Foto Kegiatan Seminar dan Workshop
Terlampir VI
G.
Sertifikat Seminar dan Workshop
Terlampir VII
BAB III
HASIL KEGIATAN
A. Gambaran Umum
Kegiatan seminar dan
workshop yang bertempat di Aula SMK NU Ungaran dengan tema “ANDROID GAME DEVELOPMENT“ ini diawali oleh persiapan panitia
dengan menyiapkan berkas, tempat dan segala sesuatu tentang perlengkapan dalam
persiapan workshop, pembukaan, sambutan ketua panitia dan ketua
STMIK HIMSYA, dilanjutkan dengan acara inti yaitu penyampaian materi seminar
dan workshop serta sesi tanya jawab, dan dilanjutkan oleh quis dan doorprize dan
diakhiri dengan acara penutupan seminar dan workshop.
Kegiatan seminar dan
workshop dengan tema “ANDROID GAME DEVELOPMENT“ dapat berjalan dengan semestinya meskipun
kegiatan ini banyak menemui hambatan dan masalah yang terjadi namun dapat
diselesaikan dengan baik dan sukses. Dalam suksesnya acara ini tidak terlepas
dari peran panitia dan peran pembimbing dan pihak-pihak yang terkait yang
mencurahkan segala pemikiran dan tenaga sehingga dapat berjalanlah kegiatan
ini. Oleh sebab itu, kami mengucapkan banyak terimakasih pada semua pihak yang
telah terlibat dan membantu berjalannnya kegiatan seminar dan workshop ini.
B. Hasil Kegiatan Seminar
Dalam kegiatan seminar peserta berperan aktif dalam
pembuat game android sederhana tentang pengenalan huruf, angka dan warna.
Pembuatan game android sederhana tentang pengenalan huruf, angka, dan warna
dijabarkan oleh narasumber secara runtut mulai dari install aplikasi Construct
2 sebagai pendukung untuk pembuatan game android sampai dengan menjadikan file
berbentuk APK untuk dapat di install pada Smartphone dengan Sistem Operasi Android. Peserta
sangat antusias mengikuti penjelasan yang disampaikan oleh narasumber.
Setelah penyampaian materi selesai, panitia dan
narasumber memberikan kesempatan peserta untuk bertanya kepada narasumber perihal materi
yang disampaikan. Peserta yang bertanya mendapatkan dorprize, selanjutnya panitia dan
narasumber memberikan pertanyaan dan peserta yang dapat menjawab juga mendapatkan
dorprize.
Setelah kegiatan selesai peserta seminar dan workshop
akan mendapat sertifikat sebagai peserta seminar dan workshop teknologi
informasi “Android Game Development”. Seminar berjalan lancar dan tertib.
Seminar selesai pukul 12.30 WIB.
C.
Laporan Evaluasi Panitia
- Ketua Panitia dan Wakil Ketua Panitia
a. Faktor Pendukung
Ketua panitia dan wakil ketua
panitia dipilih melalui suara
terbanyak dari semua panitia.
b. Faktor Penghambat
Kurangnya komunikasi antar anggota
yang menyebabkan kinerja kurang efisien.
- Sekretaris
a. Faktor Pendukung
-
Mampu
berkoordinasi dengan anggota dan pihak yang bersangkutan di kegiatan ini.
-
Mampu
menyelesaikan pembuatan berkas-berkas kegiatan.
-
Mampu
membantu tugas-tugas yang menunjang pelaksanaan kegiatan.
b. Faktor Penghambat
-
Kesulitan
mengadakan rapat anggota panitia.
-
Terhambatnya
dalam hal pengiriman surat undangan.
- Bendahara
a. Faktor Pedukung
-
Adanya tanggungjawab atas tugas
yang diberikan.
-
Mempunyai arus tugas yang jelas.
b. Faktor Penghambat
Kurang koordinasi dengan panitia.
- Fotografer
a.
Faktor Pendukung
Membantu mendokumentasikan proses
kegiatan-kegiatan
yang ada di dalam seminar.
b.
Faktor Penghambat
Tempat ruang kegiatan seminar kurang
terang
sehingga kesulitan untuk mengambil gambar yang optimal.
- Dekorasi
a.
Faktor Pendukung
Kerjasama yang baik sehingga persiapan tempat selesai 1
hari sebelum acara.
b.
Faktor Penghambat
Kurangnya koordinasi dengan pihak pengelola gedung
sehingga saat gladi bersih membutuhkan waktu yang lumayan lama dan menguras
tenaga.
- Sosial
a.
Faktor Pendukung
Kerjasama yang solid antar teman.
b.
Faktor Penghambat
Kurangnya waktu untuk mencari sponsor.
- Konsumsi
a.
Faktor Pendukung
Kerjasama yang baik antar anggota
dengan anggota lain.
b.
Faktor Penghambat
Keterlambatan dari pihak catering
dimana pesanan hadir saat acara sudah dimulai.
BAB IV
KESIMPULAN DAN SARAN
A. Kesimpulan
Berdasarkan hal–hal yang telah
dijelaskan diatas maka dapat disimpulkan bahwa inovasi dalam teknologi telah membuka kesempatan dan tantangan yang baru bagi dunia bisnis. Dimana kita
selaku generasi muda harus mampu mengoptimalkan berbagai potensi perkembangan
teknologi yang ada sebagai basis pengembangan usaha yang dijalankannya. Penguasaan teknologi dan komunikasi (TI) yang
dipadu dengan keahlian berwirausaha merupakan kunci sukses dalam meraih
kesuksesan di bidang bisnis online.
B. Saran
Dalam pelaksanaan kegiatan seminar dan workshop tentunya
banyak kekurangan. Oleh karena itu kritik dan saran yang membangun senantiasa
kami harapkan sebagai bahan renungan dan perbaikan untuk pelaksanaan
kegiatan-kegiatan di kemudian harinya. Dan untuk peserta semoga dapat lebih
memperdalam materi yang telah disampaikan pemateri, sehingga akan muncul
kreator-kreator baru aplikasi berbasis android.
C. Penutup
Demikianlah laporan kegiatan Seminar dan
Workshop dengan tema “Android Game Development“ Harapan kami untuk generasi
muda agar lebih memperhatikan kemajuan teknologi. Sehingga generasi ini mampu mengikuti
perkembangan zaman dan dapat berkarya dengan android sehingga dapat
menghasilkan karya-karya yang kreatif dan inovatif. Atas perhatian dan dukungan
yang diberikan kami ucapkan terimakasih.
Semarang, 27
Desember 2018
Ketua Panitia
Sekretaris
Arif
Prastia Budi Jeni Setyaningrum
NIM. 2114R0938 NIM. 2114R0813
Mengetahui,
Ketua STMIK Himsya
Septia Lutfi, M.Kom
NIPy. D/10/00015
Lampiran I
SUSUNAN ACARA
SEMINAR TEKNOLOGI
INFORMASI
STMIK HIMSYA SEMARANG
No
|
Waktu
|
Acara
|
Pengisi
|
08.00 – 09.00
09.00 – 09.30
09.30 – 09.35
09.35 – 09.45
09.45 – 10.15 10.15 – 11.30 11.30 – 12.15 12.15 – 12.30 |
Presensi
Pengkondisian peserta Pembukaan dan Do’a Sambutan Ketua Panitia Sambutan Ketua Himsya Penyampaian Materi dan Workshop “Android Game Development” Tanya Jawab dan Doorprize Penutupan dan Do’a |
Panitia
Panitia Supartini Arif Prastia Budi Septia Lutfi, M.Kom Nur Annisa, S.Kom Panitia
Nurul Madaniyah
|
SUSUNAN PANITIA
SEMINAR DAN WORKSHOP
TEKNOLOGI INFORMASI
STMIK HIMSYA SEMARANG
Penanggung jawab : Septia Lutfi, M.Kom
(Ketua STMIK Himsya )
Pembina : Sutejo, S.Kom
Penasehat : Agus
Purwanto, M.Kom
Panitia Pelaksana
Ketua : Arif Prastia Budi
Wakil Ketua :
1.
Duwi Yono
2.
Bagus Kurniawan
3.
Setiawati
4.
Dewi Purnama Sari
Sekretaris :
1. Nurul
Madaniyah
2. Novita
Maharsari
3. Neti
Firda Al Muna
4. Jeni
Setyaningrum
Bendahara :
1. Anna
Saeva Zulaekhah
2. Liya Wahyuni
3. Supartini
4. Henik Ikawati
5. Rika AmiWulan
Fotografer
:
1. Rendy
Setiyo
2. Faisal
Aris
3. Muksin
4. Lia Zahra Manam
Dekorasi :
1. Agus
Listyo
2. Alvi
Andri Norhayati
3. Efyan
Medayani
4. Nur
Azizah
5. Irwan
Santosa
6. Rifka Nur Anissa
7. Anik Syaefatul Aminah
Sosial :
1. Wahyuningsih
2. Maria Novita Dwi Aryani
3. Adityas
Pranata Sari
4. Dewi
Mila Dirahayu
5. Meliana
Dyah Septiany
6. Ahmad Muhtadi
7. Siti
Yulia Paspertiawati
8. Agus
Eko Setyono
9. Ribut Budi Santoso
Konsumsi :
1. Ginanjar
Pudya Wicaksono
2. Alfiah
3. Mimin Isma Istighfaroh
4. Dwi
Fitriyanti
5. Puji
Lestari
6. Wakhidatun
Muyasaroh
Lampiran III
LAPORAN KEUANGAN
SEMINAR DAN WORKSHOP TEKNOLOGI
INFORMASI
STMIK HIMSYA SEMARANG
A.
PEMASUKAN
Pemasukan dari
STMIK HIMSYA
|
Rp. 6.000.000
|
Pemasukan
Sponsor
|
Rp. 200.000
|
Pemasukan dari
peserta seminar
|
Rp. 740.000
|
Total
|
Rp. 6.940.000
|
B.
PENGELUARAN
Print
proposal 1
|
Rp. 6.000
|
Konsumsi
|
Rp. 1.990.000
|
Print,
scan, jilid
|
Rp. 29.000
|
Stempel
|
Rp. 55.000
|
Pemateri/pembicara
|
Rp. 400.000
|
Transport
|
Rp. 300.000
|
Partner
|
Rp. 400.000
|
Print
undangan+amplop
|
Rp. 22.200
|
Amplop
20
|
Rp. 5.000
|
Dorprize
|
Rp. 170.000
|
Aqua
gelas 2*27.350
|
Rp. 54.700
|
Aqua
600 ml
|
Rp. 42.300
|
Sewa
gedung
|
Rp. 750.000
|
ID
Card, MMT, Brosur
|
Rp. 441.000
|
Snack
virgin
|
Rp. 132.000
|
K.kado,solasi,kanebo
|
Rp. 53.500
|
Perlengkapan
dll
|
Rp. 26.500
|
Baksos
panti asuhan
|
Rp. 500.000
|
Laporan
pertanggungjawaban
|
Rp. 50.000
|
Cetak
Sertifikat 82*4000
|
Rp. 328.000
|
Total
|
Rp. 5.755.200
|
C.
TOTAL
BERSIH
Pemasukan
|
Rp. 6.940.000
|
Pengeluaran
|
Rp. 5.755.200
|
SALDO AKHIR
|
Rp. 1.184.800
|
Semarang, 27 Desember 2018
Ketua Panitia
Bendahara
Arif
Prastia Budi Supartini
NIM. 2114R0938 NIM. 1114R0473
DAFTAR HADIR PANITIA
DAFTAR HADIR PESERTA
Terlampir V
FOTO NOTA PENGELUARAN
|
||||
Terlampir VI
FOTO BROSUR DAN MMT
FOTO KEGIATAN SEMINAR DAN WORKSHOP
BAKSOS PANTI ASUHAN YATIM PIATU
SAHAL SUHAIL UNGARAN
Terlampir VII
SERTIFIKAT SEMINAR DAN WORKSHOP
|
||||
Tidak ada komentar:
Posting Komentar